Mengatur Keuangan Untuk Memulai Usaha Saat Terjadi P.H.K

Poin - poin yang perlu kita cermati dalam mengatur keuangan untuk memulai usaha .

Kita tau bahwa sekarang dolar makin naik terus kaya bunyi lagu " Naik- naik ke puncak Gunung " tinggi terus tidak turun - turun ....,ditambah lagi harga - harga semakin menaik ,perkembangan ekonomi bisa diibaratkan seperti ayam kate  . 
Seperti kita tau ya sobat bahwa karena laju inflasi yang tinggi akhirnya banyak perusahaan yang gulung tikar karena tidak bisa menanggung biaya produksi yang melebihi batas maksimum pengeluaran perusahaan tersebut, akhirnya kita bisa tebak ya sobat perusahaan akhirnya memangkas atau mengurangi biayanya salah satunya Pemutusan Hubungan Kerja alias P.H.K.
Keadaan ini harus kita sikapi sobat, mencari pekerjaan lain mungkin solusinya tapi kita tau susahnya mencari pekerjaan sekarang ini ditambah faktor usia juga menentukan.
Sobat harus pintar mengatur keuangan pesangon yang kita dapatkan dari tempat kita bekerja dahulu, artinya jangan sampai pesangon yang sobat dapatkan itu habis percuma tanpa ada timbal baliknya, maksudnya harus ada perputaran uang pesangon itu. Berikut ini saya share ya sobat poin - poinnya sebagai berikut ;

  • Dengan modal yang ada sobat harus menentukan jenis usaha apa yang akan kita tekuni.
  • Pelajari skema atau alur usaha kita,maksudnya ,darimana memulai proses usaha itu sampai tahap akhir dari proses tersebut,
  • Tentukan budget sobat,disini sobat sebaiknya melebihkan dana yang dibudgetkan, ini dimaksudkan agar ada dana cadangan untuk bila konsumen ada yang menangguhkan pembayarannya alias tempo
  • Sobat sebaiknya memulai usaha yang kira- kira usaha tersebut tidak membutuhkan modal dana yang  cukup besar. Disini saya ambil contoh jualan es lilin ,kita asumsikan bahwa modal tersebut tidak lebih dari   Rp 300,000 ,- dengan kita menitipkan es lilin ke warung perkampungan atau warung sekolah, 4 termos es lilin saja sudah mendapatkan laba atau untung yang cukup lumayan menurut saya .Misalnya ada dana modal yang tersisa setelah membuka jualan es lilin sobat bisa membuka usaha yang lainnya tentunya disesuaikan denga modal yang tersisa ya sobat.
  • Pisahkan dana usaha dengan dana kehidupan sobat sehari-hari,sobat bisa simpan dalam dompet yang berbeda agar tidak tercampur, karena kalo dana modal dan dana usaha sobat campur dalam   satu dompet maka kita akan bingung,berapa uang yang terpakai untuk usaha atau untuk sehari-hari akibatnya sobat bingung dalam mengatur keuangan untuk memulai usaha yang akan kita bangun nantinya, 
  • Sobat harus mempersiapkan buku folio,untuk mencatat dana yang masuk dan keluar sehingga kita bisa megetahui labanya . 
  • Dalam mengatur keuangan untuk memulai usaha,sobat harus bisa mengatur perlengkapan usaha apa saja yang harus dibeli, contohnya dalam usaha bikin nuget baso ,misalnya sobat ingin membeli perlengkapan alat penghalus adonan baso,misalnya sobat ingin membeli blender ataukah membeli food prosesor,sobat bisa melihat fungsi dan kegunaan serta manfaatnya dari kedua alat tersebut,tentunya setelah sobat mempertimbangkan mana yang harus sobat pilih, kita jangan lupa budget dana yang dimiliki sobat untuk pembelian peralatan usaha .
  • Untuk pembelian barang peralatan produksi,yang fungsi dan manfaatnya bagi usaha memegang peranan cukup penting sobat harus membelinya  dan peralatan yang fungsinya  bisa digantikan,sobat harus mencari alat apa yang bisa digantikan dengan yang kita punya.
  • Pada masa awal-awal usaha , diniatkan dalam diri sobat untuk berprilaku hidup hemat, ini penting agar cash flow tidak mempengaruhi kas usaha ataupun modal.  
Mengatur Keuangan Untuk Memulai Usaha

Untuk sementara itu dulu poin - poinnya sobat , berdasarkan pengalaman saya    . Dalam memulai usaha kita tidak usah banyak berfikir bagaimana kedepannya,kita ikuti saja alur usaha sobat kearah mana tinggal kita jeli melihat  peluang yang ada disekitar kita,menurut saya kita tidak perlu  melihat usaha teman atau sebelah kita, tapi sobat harus yakin dan optimis,karena itu juga sumber kekuatan,ya memang sobat dahulu sebelum lepas dari kerja '' berada dalam zona aman " ,yang artinya dulu sobat tidak perlu memikirkan bagaimana sobat mendapatkan uang,kerja dan dapat gaji,tetapi sobat dihadapkan pada diluar zona aman,yang mengharuskan kita berfikir dan bertindak untuk mendapatkan penghasilan.Dan itu dirasakan berbeda ketika kita lebih bahagia mendapatkan laba dari usaha kita tersebut,disitu nilai lebihnya sobat, itu berdasar pada pengalaman saya nie  


Kesimpulan dari mengatur keuangan untuk memulai usaha adalah mengatur modal yang ada untuk menentukan usaha yang akan dimulai. Harus mengawasi aliran dana keluar dan dana yang masuk . Sekian dulu ya artikel yang saya buat ini, sobat semoga artikel  ini bermanfaat untuk menambah ilmu sobat.Terimakasih atas kunjungannya .




Komentar

  1. Sangat tepat sekali pemahamanya memenag kita harus tahu peluang yang ada dan sesuaikan dengan modal yang ada semoga bermanfaat bagi saudara - saudara kita yang mau memulai usaha sendiri
    semoga selalu lancar dan selalau menemukan ide - ide baru

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih mb atas komennya yaa mb,ya kita harus sering mengolah ide2 yang baru ^_^

      Hapus
  2. Saya Achmad Halima Saya ingin menyaksikan karya bagus ALLAH dalam hidup saya untuk orang-orang saya yang tinggal di sini di Indonesia, Asia dan di beberapa negara di seluruh dunia.
     Saat ini saya tinggal di Indonesia. Saya seorang Janda dengan empat anak dan saya terjebak dalam situasi keuangan pada MARET 2017 dan saya perlu membiayai kembali dan membayar tagihan saya,
    Saya adalah korban penipuan pemberi kredit 3-kredit, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang yang saya berutang, saya dibebaskan dari penjara dan saya bertemu dengan seorang teman, yang saya jelaskan mengenai situasi saya dan kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM dapat diandalkan.
    Bagi orang-orang yang mencari pinjaman? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman di internet penipuan di sini, tapi mereka masih sangat nyata di perusahaan pinjaman palsu.
     Saya mendapat pinjaman dari ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM sebesar Rp900.000.000 dengan sangat mudah dalam waktu 24 jam setelah saya melamar, jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus ALLAH melalui ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya saran jika anda membutuhkan pinjaman silahkan hubungi ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM. hubungi mereka melalui email:. (alexanderrobertloan@gmail.com)
    Anda juga bisa menghubungi saya melalui email saya di (achmadhalima@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERAWATAN KULIT WAJAH AGAR AWET MUDA YANG MURAH DAN SEHAT

Bagaimana Cara Membuat Telur Asin Yang Berminyak Dan Tahan Lama

Tips - Tips Dan Cara Membuat Cake Yang Benar Untuk Hasil Sempurna